NarasiTimur
Beranda Publik Perkuat Akses Kesehatan Kepulauan, Pemkot Ternate Luncurkan Ambulans Laut

Perkuat Akses Kesehatan Kepulauan, Pemkot Ternate Luncurkan Ambulans Laut

Satu unit bantuan ambulans untuk warga di tiga kecamatan terluar (Istimewa)

Narasitimur – Pemerintah Kota Ternate memperkuat layanan kesehatan masyarakat di wilayah kepulauan dengan menghadirkan satu unit ambulans laut yang siap beroperasi di tiga kecamatan terluar, yakni Batang Dua, Hiri, dan Moti (BAHIM).

Ambulans laut yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2025 senilai sekitar Rp3 miliar itu tiba di Pelabuhan Residen Ternate, Minggu (19/10/2025), dan langsung disambut Wali Kota M. Tauhid Soleman bersama Wakil Wali Kota Nasri Abubakar serta Sekretaris Daerah Rizal Marsaoly.

Sekda Rizal Marsaoly menjelaskan, kehadiran ambulans laut merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah untuk memastikan layanan dasar, terutama kesehatan, dapat menjangkau seluruh wilayah, termasuk pulau-pulau kecil.


“Ambulans laut ini menjadi solusi atas keterbatasan akses masyarakat di BAHIM untuk mendapatkan layanan medis cepat, terutama dalam kondisi darurat,” ujar Rizal.

Ambulans laut tersebut dilengkapi fasilitas medis dasar dan akan dikelola oleh Dinas Kesehatan Kota Ternate, termasuk dalam hal operasional, pemeliharaan, dan pendataan aset. Untuk sementara waktu, kapal akan bersandar di Pelabuhan Residen Ternate sebelum mulai dioperasikan.

Rizal menambahkan, pengadaan ambulans laut dilakukan melalui sistem e-Katalog dengan pendampingan Kejaksaan Negeri Ternate guna memastikan transparansi dan akuntabilitas anggaran.


“Ini merupakan bagian dari visi RPJMD 2025–2026 yang menekankan pada penguatan layanan publik di wilayah kepulauan,” katanya.

Pemerintah Kota berharap, keberadaan ambulans laut ini dapat mempercepat penanganan pasien rujukan antarpulau dan memberikan rasa aman bagi warga kepulauan dalam mengakses layanan kesehatan. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan